Monday 20 April 2015

Menggenal Apa Itu Server Untuk Pemula

Apa yang kalian pikirkan jika melihat gambar disamping?
Kulkas? atau Aquarium? atau Apa? hehe....

Oke, lanjut....
Disamping ini adalah sebuah ruangan server, tahukah apa itu server? Server adalah komputer yang dijadikan pusat data. Dalam jaringan komputer server biasanya digunakan untuk menyimpan website, file-file, dll.

Tempat kerja yang pernah saya idam-idamkan, bekerja dengan server yang sangat banyak, huft... kaya apa ya?

Okey kita bahas tentang server, sekedar pengenalan yah...
Siapa tahu ada yang belum tahu.
Seperti yang telah saya utarakan diatas, server adalah komputer yang dijadikan pusat data, Server menyimpan data-data yang bisa diakses oleh khalayak umum, contoh : google.com. Google memiliki ribuan server yang digunakan untuk menyimpan url dan cuplikan-cuplikan dari server-server yang ada didunia, karena google adalah search engine, jadi dia hanya menyajikan data yang hampir sama dengan query masukan kita.

Server memuat berbagai informasi sesuai dengan kepemilikannya, contohya sebuah universitas, maka dia hanya akan memuat hal-hal yang berhubungan dengan universitas yang bersangkutan. dengan kata lain setiap server memiliki muatan yang berbeda-beda pula. Server pemerintah akan memiliki data tentang pemerintahanya, server perusahaan akan memilki data perusahaannya. Itulah sebabnya kenapa sering terjadi serang untuk meretas sebuah server,  karena demi datanya yang berguna bagi orang lain, mugkin bisa saingan, mungkin sekedar iseng-iseng saja.

Berbagai macam hal yang diincar dalam website adalah isi dari website, database, file-file, dan serangan yang biasa di lancarkan freeze website, melakukan distributed denial of service, SQL injection dan masih banyak lagi. Nanti akan dibahas serangan yang biasa terjadi dan cara mengatasinya. Tunggu ya tulisan berikutnya. hehe

0 Komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com