Monday 20 April 2015

Menggenal Dasar Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang saling terhubung yang biasa dikenal dengan internet. Dengan jaringan komputer berbagai kemudahan dalam transfer data bisa didapatkkan.

Dalam jaringan komputer perangkat yang plaing umum dan harus ada adalah komputer (PC atau Laptop), kabel UTP, konektor RJ45, Switch/Hub, menggunakan perangkat tersebut sudah bisa membuat sebuah jaringan komputer dengan skala kecil yang biasa disebut denga Local Area Network (LAN), seperti di dalam satu ruangan atau gedung. kalau saya pribadi biasanya memakainya untuk bermain game need for speed most wanted. hehehe....
Namun meskipun berskala kecil perangkat yang telah disebutkan diatas belum cukup mumpuni, penambahan seperti Access Point (AP), Router, Server (web server, file server, dll). Penambahan perangkat tersebut sangat membantu untuk proses kerja.

Untuk skala yang lebih besar, semisal antara satu tempat dengan tempat lain yang dipisahkan jarak yang cukup jauh bisa ditambahkan perangkat repeater ataupun transmiter dan receiver, fungsinya adalah untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat yang saling berjauhan. Repeater sendiri adalah sebuah perangkat untuk penguat sinyal, sedangkan transmiter adalah pemancar dan receiver adalah penerima. Hal semacam ini sering digunakan oleh vendor Internet Service Provider(ISP) untuk menghubungkan dirinya dengan client. Tipe jaringan ini biasa dikenal dengan sebutan Metropolitan Area Network (MAN), ingat bukan metropolitan jakarta raya lho ya. hehe..

Skala yang dikenal dengan Wide Area Network (WAN) adalah skala yang luar biasa besarnya, skala ini adalah internet atau yang digunakan untuk menghubungkan satu daerah, provinsi, benua di seluruh dunia dapat saling terhubung dengan bantuan internet skala WAN ini, bukti yang sering kita lihat atau gunakan adalah saat kita mengakses google, sangat luar biasa bukan, data yang berada dalam server dan tempat yang berbeda di seluruh belahan dunia bisa kita akses berkat kerja kerassearch engine seperti google, meskipun sebenarnya banyak juga search engine yang lain.

0 Komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com