Thursday 23 April 2015

Cara Mudah Impor Database dari Exel

Hay sobat, kali ini saya akan membahas masalah database. Kebetulan kemarin ada seorang teman yang bertanya kepada saya, bagaimana cara mudah memasukan query pada database, soalnya kalau masukin satu per satu akan memakan waktu yang sangat lama dengan data yang cukup banyak.

Ah… Pusing…..

Gimana ya ini, begitulah kira-kira teman saya mengeluh.....

Tapi tunggu dulu sobat, sobat tidak usah khawatir jika mendapatkan masalah yang sama, cara mudah untuk insert query pada database sangatlah mudah.

 Pertama sobat buatlah database, sudah tahukan caranya? Kalau belum tahu silahkan lihat disini.

Lanjut ya, silahkan sobat buat tabel dengan nama sesuai dengan isi yang akan di inputkan, kemudian sobat buatlah nama kolomnya. Seperti contoh tabel “bank” tanpa tanda petik dengan nama kolom id_bank, nama_bank, no_rekening, dan pemilik. Hasil yang diperoleh akan seperti pada gambar dibawah ini.



Langkah pembuatan tabel


Kolom yang dibuat adalah id_bank, nama_bank, no_rek, pemilik. Query disamakan dengan jumlah data masukan yang akan diinputkan, kalau saya menggunakan 4 kolom karena masukan hanya 4 data.

Okey, lanjut lagi ya. Kita mulai bermain dengan data mentah, semisal data tersebut sudah dalam bentuk exel ataupun data yang masih serabutan. Untuk langkah-langkahnya seperti dibawah ini:



Membuat data didalam ms. exel, dengan cara ini akan lebih mudah. Namun biasanya kasus yang sering saya temua bahwa client sudah memiliki data berbentuk exel untuk manajemen anggotanya.hehe... bisa lebih mudah tentunya, tapi jika masih serabutan datanya, ya kerja lebih keras lagi dengan merapikanya.

Lakukan sesuai dengan urutan tabel, id_bank, nama_bank, no_rek, dan pemilik, kemudian simpan dalam bentuk CSV (comma delimiter).
Langkah selanjutnya Masuk pada database yang telah dibuat tadi, kemudia masuk ke tabel “bank”.
Dilanjutkan dengan masuk ke tabel bank lakukan import pada tabel tersebut dengan cara import => pilih file .csv tadi  => save.

Eng ing ang…. Alhasil semua record telah berhasil dimasukan dengan sempurna, hehe…
Lihat gambar dibawah ini. 



Okey, jangan lupa corat-coret ya sob, siapa tau ada masukan atau ide baru yang bisa saya gunakan untuk menulis, Semoga bermanfaat sobat semua.



0 Komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com