Sunday 18 October 2015

Mengenal R Software Analisis

Mengganalisis Menggunakan Software R

Beberapa tahun terakhir ini, proses analisis terhadap data sangat digemari. Penyebab terjadinya proses tersebut dikarenakan data yang tersedia sangat banyak dan beragam, sehingga membutuhkan teknik atau metode untuk membantu menganalisisnya, karena intuisi manusia sudah tidak mampu untuk melakukan pekerjaan tersebut.
Momentum yang terjadi sekarang ini adalah gabungan dari pihak akademisi dan pihak industri yang mengankat bahasa pemrograman R untuk membantu proses penambangan seperti proses statistik komputasi, visualisasi dan ilmu data. Di seluruh dunia, para ilmuwan menggunakan R untuk memecahkan masalah seperti data statistik yang berjumlah jutaan yang dirasakan menantang, masalah-masalah yang menantang tersebut meliputi masalah komputasi biologi unntuk pemasaran kuantitatif. R sekarang ini telah menjadi bahasa yang popular untuk data mining yang telah digunakan untuk menganalisis berbagai bidan seperti keuangan, analisis data seperti di Google, Facebook, LinkedIn, Website lainya.

Teknik analisis data sesuai dengan kepentingan anda
R adalah sebuah teknik yang bisa digunakan untuk memanipulasi data, memodelkan data, dan grafik ke dalam data yang lebih modern atau mudah dipahami. Teknik yang digunakan seperti model prediktif (klasifikasi) seperti dalam ulasan ilmu data mining.

Membuat visualisasi data yang cantik
Perlu diketahui bukan hanya pacar saja yang visualisasinya bisa cantik, namun data juga bisa dimanipulasi supaya data menjadi cantik. Tapi jangan pacaran dengan data ya. Bagian dari data yang kompleks dengan diagram dan grafik adalah hal penting yang dilakukan dalam proses analisis data. Dengan menggunakan R hasil yang diperoleh jauh melampaui bar chart dan teknik traditional. Menggunakan R pekerjaan seperti menaarik makna dari sebuah data multidimensi dengann graik multi-panel, 3D permukaan dan banyak lagi.Hasil yang ditampilkan oleh R seperti charting dapat ditampilkan dalam banyak infograpichs yang sangat menakjubkan.

Hasil yang lebih baik dan cepat
Menggunakan R dapat membantu proses analisis data menjadi lebih baik, karena R dirancang secara tegas untuk analisis data. Tingkat pemrograman R menjadikan R lebih cepat melakukan analisis terhadap data daripada program statistik yang lain.

R adalah proyek open source yang sedang berkembang, R didukung oleh komunitas lebih dari 2 juta pengguna dan ribuan pengembang. Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah R dapat menjadi sebuah tools pilihan dalam melakukan proses mining data.
Sekian dulu sobat, semoga bermanfaat.

0 Komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com