Sunday 7 May 2017

Mendeley untuk Membuat Daftar Pustaka

Sekarang ini beberapa karya ilmiah yang kita baca masih sering kali menjumpai penulisan daftar pustaka yang kurang rapi dan bagus. Daftar pustaka merupakan sebuah link informasi yang digunakan untuk merujuk sebuah tulisan ke tulisan aslinya, sehingga dibutuhkan informasi yang baik dalam hal ini "referensi daftar isi". Hal semacam ini bisa disebabkan karena penulis kurang paham struktur pembuatan daftar isi dan minimnya informasi yang didapatkan (kasus jika mengambil sumber dari Internet yang tidak terpercaya). Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya sudah banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pembuatan daftar pusataka.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang aplikasi untuk membantu dalam membuat daftar pustaka. Aplikasi yang saya bahas adalah Mendeley. Mendeley merupakan aplikasi untuk meembuat daftar pustaka yang sifatnya online. Kenapa mendeley? Karena menurut saya mendeley sangat simple dalam penggunaanya. Dalam menginputkan referensi mendeley hanya membutuhkan file referensi tanpa harus mengetik ulang, disisi lain kita juga bisa membaca ulang referensi yang sudah di inputkan tanpa harus mencari keberadaan file yang terkadang lupa ditaruh dimana. Mendeley juga memiliki Plugin Web Importer, sehingga bisa mengimport informasi dari sebuah halaman web.

Langkah menggunakan Mendeley

  1. Download mendeley di https://www.mendeley.com/
  2. Setelah proses installasi selesai buka aplikasi Mendeley
  3. Jika installasi sudah sukses makan akan muncul seperti dibawah ini pada menu bar pada Ms. Word atau LibreOffice Writers
  4. Masuk ke Mendeley dan Lihat Tab diatas ada Add Files, Folders, Related .... dan Sync
  5. Tambahkan Folders supaya referensi tidak bercampur dengan yang lain
  6. Buat nama folders, misalkan "SentimentAnalysis"
  7. Add Files => Cari file yang akan di gunakan untuk referensi dengan eks .pdf
  8. Langkah selanjutnya buka Ms. Word atau Libreoffice Writer dan mulailah menulis artikel atau naskah.
  9. Jika ingin melakukan sitasi pada tulisan yang dibuat maka klik "Insert Citation" seperti pada point 3. Setelah selesai pindah baris dan "Insert Bibliography dan hasilnya akan seperti dibawah ini.

4 Metode Input Referensi

  1. Add Files yang berarti akan memilih satu persatu referensi
  2. Add Folder yang berarti akan memilih semua referensi yang terdapat pada folder
  3. Batch Folder
  4. Add Entry Manual yang berarti menginputkan sendiri referensinya (biasanya yang berasal dari website online), namun di dalamnya terdapat kolom-kolom yang membantu untuk mengisi informasi yang dibutuhkan.

Format Citation

Dalam pembuatan referensi terdapat banyak style yang berbeda (beda paper atau penerbit terkadang berbeda pula stylenya). Hal ini bisa kita atasi dengan memilih style yang teleh ditentukan dengan cara sebagai berikut:
=> Pada Tab VIEW masuk ke Citation Style dan pilih style yang akan digunakan.

Sekian artikel yang bisa saya buat, artikel ini sekedar share untuk teman-teman dan sebagai pengingat untuk saya. Semoga bermanfaat.

0 Komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com